Oleh: box | Oktober 26, 2010

Taman Hutan Raya Juanda (Dago Pakar), Goa belanda + Jepang, Maribaya

Bagi yang bosan jalan-jalan di perkotaan bandung, bisa mencoba jalan ke daerah Dago Pakar, dimana disana terdapat Taman Hutan Raya, sekaligus daerah wisata Goa Belanda dan Goa Jepang.


Harga tiket masuk lumayan mahal, sekitar 12rb/orang + 3rb (pungli?). Tapi lumayan jika dibandingkan tiket nonton bioskop :D
Masuk dari daerah dago, kita bisa memilih 3 pintu masuk, pintu awal ada di Dago Pakar, pintu ke dua ada sekitar 3 Km dari pintu pertama, dan pintu belakang, berada di Maribaya (masuk dari lembang) :D
Setelah masuk dan jalan sedikit, kita bisa masuk ke Goa Jepang, sebaiknya bawa senter, jika tidak bawa bisa pinjam pada rental senter :D yang sekaligus jadi guide dengan bayar Rp.5000 aja.

Dikarena kan area yang sangat luas, maka jika ingin menikmati keindahan alam dapat masuk di pintu awal, sedangkan jika ingin langsung melihat Goa Belanda dan Jepang, bisa masuk melewati pintu masuk kedua (pada pintu masuk kedua, kendaraan (sepeda / motor) dapat di masukan ke dalam area THR), pada pintu masuk kedua ini pula, kita dapat melanjutkan perjalanan ke Maribaya menggunakan motor.

Perjalanan dari Goa Belanda – Jepang ke Daerah Maribaya sekitar 5-7 Km (waktu itu kita jalan kaki ampe gempor :p) jadi jika yang tak kuat jalan, sebaiknya bawa motor lewat pintu masuk kedua, ataupun bisa naik ojek dengan membayar Rp.20rb / motor (bisa 1 motor betiga)
Meskipun begitu saya lebih memilih jalan kaki, karena selain pemandangan yang indah, jalan setapak kurang cocok buat motor bebek (ngerusak mesin aja :D)

Setelah perjalanan dari Goa tersebut, maka kita akan tiba di Maribaya, disana terdapat Air terjun yang sangat besar, tapi karena air terjun ini bukan berasal dari mata air, jadi air terjun nya terlihat keruh dan jelek…
:D
tapi jika beruntung anda bisa melihat pelangi yang indah di air terjun tersebut:

Photobucket

 

mantap! selain menikmati pemandangan, bukit di maribaya yang datar, adem bin rimbun, cocok untuk istirahat setelah perjalanan panjang tadi. Meski makanan yang tersedia di kios hanya mie dsb, lumayan mengisi perut, karena kita dipinjamkan tikar untuk santai sambil melihat pemandangan alam yang….widiw…

Photobucket

 

Sekian perjalanan berakhir, akan tetapi pilihan jalur pulang juga penting, karena jika pulang ke arah pos 1, kita kembali berjalan sejauh 7 Km. Akan tetapi jika jalan menuju Maribaya (lembang) cukup jalan sekitar 500 m. Dengan catatan kita akan keluar di daerah Lembang ^.^*!

Untuk bermain di daerah THR, sebaiknya rencanakan dari awal akan pergi kemana saja dan akan masuk dari pos berapa, karena pada pos 1, kita tidak diperkenankan membawa kendaraan kedalam. Pada pos 2, kita bisa membawa masuk motor ke dalam area THR, dan jarak antara gua belanda ke Maribaya sekitar 7 Km, Jika kita keluar melalui pos 3 (Maribaya – Lembang) sebaiknya motor dibawa naek gunung :D


Responses

  1. Wah saya belum sempat kesana kak, kemarin gak jadi masuk karena bayar..balik lagi deh..T_T

    • wah…sohibloger sejati saya :D emang bayar mas aura, tapi dalem nya luas, dan yang pasti lebih puas daripada nonton bioskop :p

  2. salah siapa lu um kesitu klo liburan jangan di rumah aja dong sekali kali ke bandung norrrrrrrrrrrrrrrrrak lu

  3. Ia nih w Mau ke sonoh Enak G si ke hutan juanda

  4. ak nanti minggu rencana mau kesana nih bareng pacar :)) *nyobain meng-alam ria he

  5. disana enak mas ?
    entar sekitar bulan juni/mei serombongan kesana tunggu aja mas :p
    ini dari SMP TAMBUN UTARA

    • Yah, klo liat Gua sih mayan, klo neak ke aer terjun / daerah maribaya, ga terlalu wah ko…

      soalnya aernya coklat, laiaknya sungai2 tercemar di bandung…

      tapi…alam nya, keren deh, sejuk, setidaknya cocok buat yang udah bosen ama kehidupan mall di bandung :D

  6. Seharusnya motor dilarang masuk. Kalau mau menikmati alam, jangan tanggung2. Kalau capek jalan, kan bisa istirahat sebentar.

  7. saya tanggal 9mey mau ke sana gimana enak ga di sana

    • uuuuuh, rame buanget’ssss tau nyesel klu gak dtg ksn….!!!! add out bond’a truzzz goa belanda n jepang jg add…

  8. uduh… aqq pernah kesitu rame buanget’s ampe pingin ksna truzzz…

  9. saya dulu pernah kesana sayangnya ga di datengin semua dikarenakan gerimis mengundang :(
    lain waktu main ksana lagi deh ,, seruuuu

  10. yg bth travel wisata bisa hub saya di 0812 8080 9323.taufan

  11. ih nyebelin deh masa gada yang bilangn w kalo dsana musti bawa senter. musti nyewa kan. 3rb pula. mending terang, orang cuma securik doang, ga bfungsi. mending w bawa lampu casan w sekalian

  12. yah enak nyaman gua nya ampe bnyk yg facaran xixixi

  13. mau dong k sna kya tmpat ny bagus,,,:)

  14. harus nya motor ga boleh masuk,. guna keberlangsungan lingkungan dan lebih awet untuk merawat aksesibilitas jalan setapak itu,.. kan jalan lebih sehat,.. oksigenpun bebas di hirup tanpa ada campuran emisi yang keluar dari kendaraan2..

  15. air terjunnya apa sekeruh curug dago? kecewa ama nih curug yg ga keurus

  16. Harga tiket masuk’y brp sih?
    8rb atau 12rb?

  17. Harga tiket masuk’y brapa sih?
    8rb atau 12rb???

  18. hrga tiket 2 org sm mtr cm 26rb sy kmrn kesana. tp yg bikin saya kaget adalah, ktka saya upload fto di depan goa jepang, kt tmn sy tembok sblh kanan sperti mmbentuk wjah orang, temboknya lumutan dikit tp ya lumutnya itu membentuk wjah, jd serem liatnya. tp overall semua view dsna sejuk bgt.

  19. rote paling dekat dari cicaheum kemana lagi yah kalo mau ke dago pakar

  20. mas serem ga masuk goa belanda dan jepangnya? by ifa nurfazriyah

  21. kmren saya sempet masuk & Mengelilingi Goa Belanda & Jepang terlihatnya suasana tidak begitu seram ya mungkin karena rame, jadi suasana nya berbeda….

  22. ada ada aja bayar senter 5rb

  23. wkwkkwkwkwkwkwwkwkwk

  24. waktu itu saya pake motor sampe ke deket air terjunnya :D

  25. djava holiday bandung

    > rent car & bus
    > tour packages
    > holiday services

    contact : 081220050050
    pin bb : 2b8ad825
    facebook : https://www.facebook.com/djava.holiday


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: